Rabu, 19 Oktober 2011

Hwang Jin yi....versi 2007

Kangen dengan penampilan si cantik Song Hae Kyo di layar lebar?
Film ini jawabannya.

Pada abad ke 16, di bawah pemerintahan dinasti Chosun, dimana nasib seseorang ditentukan oleh darah dan keturunannya, dimana pria sangatlah tinggi derajatnya sementara wanita tak lebih rendah dari sampah, dimana hanya keturunan bangsawan yang dianggap sebagai manusia, Hwang Jin Yi seorang wanita yang berdarah campuran bangsawan dan budak, lebih memilih menjalani hidupnya sebagai seorang Kisaeng (wanita penghibur).
Awal kisah sedih ini bermula ketika Lady Jin Yi, yang dalam hitungan hari akan menikah dengan bangsawan Han Yang, secara sepihak memperoleh kabar bahwa pernikahan itu dibatalkan demi sang bangsawan mengetahui tentang jati diri Jin Yi yang sebenarnya. Jin Yi yang sebelumnya juga tidak mengetahui hal ini sangat terkejut, hancur dan merasa sangat tak pantas untuk tetap disebut sebagai Lady Hwang. Keterkejutan Jin Yi semakin berlipat ganda ketika Jin Yi mendapat kabar kalau ibu kandungnya selama ini hidup sebagai seorang Kisaeng dan dirawat oleh Nom Yi, cinta masa kecilnya yang merupakan pembantu di rumah besar keluarga Hwang.
Jin Yi, dengan keadaan pada masa itu menghadapi tiga pilihan. Pertama, tetap melanjutkan perannya sebagai Lady Hwang palsu dan menunggu seorang bangsawan lain yang akan memboyongnya. Kedua, melepaskan semua predikat bangsawannya dan menjadi budak. Ketiga, menerjunkan dirinya ke dunia Kisaeng seperti halnya yang dilakoni sang almarhumah ibunya. Nom Yi demi mengetahui hal ini sangat merasa bersalah, karena ternyata yang menyampaikan kabar jati diri Jin Yi kepada bangsawan Han Yang tak lain adalah Nom Yi sendiri.
Nom Yi dan Jin Yi merupakan teman sejak kecil. Meskipun berbeda kasta pada waktu itu, Nom Yi dan Jin Yi selalu bersama, bibit cinta pertama pun tak pelak tertanam di hati masing-masing mereka. Sampai suatu ketika Nom Yi harus diusir dari rumah besar keluarga Hwang karena membawa Jin Yi jalan-jalan melihat festival tanpa seizin tuan Hwang.
Jin Yi tak kalah getirnya ketika mengetahui bahwa Nom Yi lah yang menjadi pangkal semua kekacauan hidupnya. Semakin getir ketika Nom Yi mengatakan alasannya melakukan hal itu adalah karena dirinya tak rela Jin Yi menikah dengan orang lain, Nom Yi begitu sangat menginginkan Jin Yi karena cintanya ternyata tak pernah padam..
Kisah sedih Jin Yi dan Nom Yi pun bermula. Jin Yi yang menerjunkan dirinya di dunia Kisaeng, karena kecantikannya dan kepintarannya dikenal sampai ke seluruh pelosok. Jin Yi yang telah berganti nama menjadi Myeongwol bahkan menjadi Kisaeng kesayangan penguasa negeri saat itu. Sementara Nom Yi, hidup berkelana dan menjadi kepala pimpinan pemberontak yang berlaku selaiknya seorang Robinhood. Nom Yi dan gangnya menjarah para bangsawan dan penguasa yang tamak untuk kemudian membagikan hasil jarahannya kepada rakyat yang kelaparan. Kepala Nom Yi pun menjadi incaran para penguasa. Baik Nom Yi maupun Jin Yi, sama-sama mengalami kepahitan yang sangat dalam hidupnya. Dan asal muasal dari semua itu adalah cinta mereka.. Apakah Nom Yi dan Jin Yi akan bersatu kelak? Apakah cinta mereka akan berkekalan? Temukan jawabannya dalam Hwang Jin Yi versi film lepas ini.
Gak salah kalau sinema Korea menobatkan Song Hae Kyo sebagai ratu film dan televisi Korea. Secara kecantikannya yang memang alami dan kemampuan actingnya yang sangat mumpuni, Song Hae Kyo memang sangat pantas duduk di papan teratas artis terbaik pada masa ini. Menyaksikan Hae Kyo di sini, saya dapat melihat seorang wanita yang pintar, tergar, berani dan sekaligus luluh hatinya karena cinta. Tandem mainnya juga gak kalah keren. Yu Ji Tae, saya tak dapat mengingat film dan dramanya yang lain, tampak sangat total disandingkan dengan Hae Kyo di sini. Emosinya sebagai pria malang yang memendam cinta, sebagai seorang kekasih yang telah menerjunkan buah hatinya ke dunia hitam, sebagai seorang pemimpin yang bertanggung jawab, sebagai seorang manusia biasa yang lemah dan tak berdaya menghadapi tirani, terbaca jelas di mata penonton. Tak salah ramuan Chang Yoon Hyun kali ini sangat tepat!
Film ini sangat-sangat bagus. Bukan berlebihan kalau saya berani berkata demikian. Secara isi dan jalan ceritanya, penyusunan plotnya, pemain-pemainnya, sound affect dan background musiknya, penggambaran situasi yang terjadi saat itu, dan endingnya yang telah menguras separoh air mata saya, film ini tanpa ragu lagi berhak dapat 5 bintang!
Sutradara: Chang Yoon Hyun
Pemain: Song Hae Kyo (Hwang Jin Yi), Yu Ji Tae (Nom Yi)
Release: 6 Juni 2007

Sumber : Sinemakorea.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...