Minggu, 02 September 2012

Strange Hero Yi Zhi Mei part 3

Tema, Latar Sejarah, Struktur Cerita, Alur, Plot
Yizhimei adalah sekelompok buronan kerajaan yang berjuang demi kebenaran, dan membela rakyat kecil. Mereka adalah Robin Hood pada masa pemerintahan Dinasti Ming. Pada Era penguasa yang tidak karismatik, terlalu percaya takhyul, dan dikelilingi pejabat korup yang lalim.
Alur cerita berjalan maju dengan sesekali terjadi flashback untuk (biasanya) mengisahkan masa lalu tokoh-tokoh utamanya,dan kejadian-kejadian kunci dalam setiap petualangan.
Keseluruhan cerita dibangun atas sub-sub cerita/petualangan yang dialami Yizhimei. Berikut adalah ringkasan dari sub-sub petualangan tersebut

catatan : penamaan sub-sub petualangan, bukanlah versi resmi, melainkan tangung jawab pribadi penulis


•   Petualangan I : Lahirnya Yizhimei
Cerita pertama  diawali dengan penampilan Li Ge Xiao, mantan komandan Jin Yi Wei yang hidupnya hancur setelah kematian sang istri. Yin Wu Qiu, komandan Jin Yi Wei saat ini yang juga teman karibnya datang, dan meminta bantuan untuk merebut emas kerajaan yang dicuri. Awalnya Li Ge Xiao menolak, tapi akhirnya menyanggupi permintaan itu dengan syarat : dia akan bekerja dengan caranya sendiri. Maka, dikumpulkanlah 3 orang untuk membantunya. Mereka adalah : Cai Hu, penjahat besar yang pernah dikalahkan Li Ge Xiao; He Xiao Mei, seorang artis opera yang terkenal sebagai ahli menyamar, ahli menggunakan senjata rahasia, dan memahami pengobatan; dan Yan San Niang, jago wanita yang terkenal sebagai pencuri ulung.
bersama Li Ge Xiao, ke-3 orang ini berhasil merebut emas kerajaan. Namun, ternyata jatuh dalam rencana jahat Yin Wu Qiu, yang mendendam kepada Li Ge Xiao. Ke-4 orang ini menjadi buronan kerajaan, namun akhirnya memutuskan bersatu dan membentuk YI ZHI MEI, demi membela kebenaran dan menolong orang banyak


•   Petualangan Kedua : Gerombolan Leopard
Sebuah kampung diserang oleh gerombolan perampok yang merampas pangan dan menculik perempuan. YiZhimei datang menolong dusun tersebut, berhadapan dengan kelompok ini, bahkan terlibat dalam konflik internal gerobolan ini. Dalam cerita ini diselipkan sebagian kisah masa lalu Cai Hu yang ternyata pernah bergabung dengan gerombolan ini.

•   Petualangan Ke-3 : Fei Jiang Jun
Seorang joki adu jangkrik dibunuh oleh seorang tuan muda demi mendapatkan jangkrik aduan legendaris yang disebut Fei Jiang Jun. Anak dari sang joki meminta bantuan Yizhimei untuk membalas dendam dan memberi pelajaran kepada tuan muda itu. Untuk tujuan ini Li Ge Xiao menyamar sebagai seorang tuan muda dan mencari cara mendekati sang pembunuh. Tidak hanya berhadapan dengan sang tuan muda, Yizhimei sekali lagi harus berhadapan dengan Ying Wu Qiu.
Ini boleh jadi petualangan yang paling segar, karena dibumbui dengan adegan komedi yang bisa membuat kita terbahak-bahak. Pada petualangan ini diselipkan juga sebagian cerita masa kecil Yan San Niang.
Mau tahu apa ‘phobia’ Yan San Niang si pencuri ulung ? jawabannya ada di petualangan ini.  ;D

•   Petualangan ke-4 : Obat Palsu
Sebuah keluarga yang terkenal sebagai pemasok obat ternama ditangkap kerajaan atas fitnah telah mengedarkan obat yang menyebabkan penderitaan atas diri orang banyak. Anak laki-laki keluarga ini berhasil melarikan diri dengan bukti kebenaran dibalik tragedi ini. Yizhimei melindungi anak muda ini dan sekali dengan berhadapan Ying Wu Qiu dan Jin Yi Wei-nya. Demi mendapatkan bukti, dan menghindari kejaran Jin Yi Wei, LGX, YSN, dan si anak muda berlindung ke Emei Pai, namun rencana ini menimbulkan kegelisahan dalam hati YSN.
Petualangan ini diselingi lagi oleh kenangan masa kecil YSN sebagai salah seorang murid Emei. diungkapkan juga latar belakang permusuhan YSN dengan Ketua Emei Pai. Daaan petualangan ini juga memberikan ruang sangat banyak dalam perkembangan hubungan LGX dan YSN.

•   Petualangan Ke-5 : Menyelamatkan Peta Perang Dinasti Ming.
Seorang gadis kecil yang mengaku sebagai puteri kandung Cai Hu muncul. Kedatangannya ke markas Yizhimei segera menimbulkan kegaduhan dan beberapa keanehan. LGX, YSN, dan HXM memutuskan menyelidiki latar belakang kedatangan si gadis kecil, dan menemukan bahwa kedatangan puteri Cai hu ini berkaitan dengan suatu rahasia Negara yang maha penting.
Sekali lagi kehidupan masa lalu Cai Hu diselipkan dalam petualangan ini.

•   Petualangan ke-6 : Kutukan Keluarga He
He Xiao Mei tiba-tiba mendapat kunjungan dari kerabatnya, yang menyatakan bahwa dia merupakan satu-satunya penerus kesuksesan dan kejayaan keluarganya. Namun, peristiwa-peristiwa aneh mengerikan mulai terjadi sejak kedatangannya ke kampung halamannya. He Xiao Mei dituding sebagai penerus kutukan keluarga He yang berkaitan dengan kematian sadis ketua terakhir Bai Lian Jiao (sekte Teratai Putih).
Sesuai judulnya, bagian ini didedikasikan untuk He Xiao Mei. Masa lalu He Xiao Mei, dan perjalanan kelam keluarganya diungkapkan disini.

•   Petualangan Ke-7 : Serangan Gelap Ying Wu Qiu
Ying Wu Qiu kembali meneruskan obsesinya menghancurkan Li Ge Xiao. Kali ini ia menculik dua anak yatim piatu yang berada dalam perlindungan yizhimei, dan mengancamsalah satunya untuk menunjukkan markas yizhimei. Markas Yizhimei akhirnya diketahui dan dikepung oleh Jin Yi Wei.
detail-detail awal pertikaian LGX dan YWQ. Kisah cinta LGX dengan mendiang isterinya, juga awal2 karir Li Ge Xiao sebagai Jin Yi Wei medapat porsi yang sangat besar di bagian ini.

•   Petualangan ke-8 : Pukulan terakhir
Yizhimei akhirnya bertemu satu lawan tangguh lagi : Yan ShiFan. Yan ShiFan adalah anak pejabat lalim Yan Song. Li Ge Xiao sendiri mengakui bahwa Yan ShiFan adalah versi gelap dirinya. Seorang dengan kejeniusan luar biasa, namun dengan kekejaman diluar takaran.
Musuh2 terberat Yizhimei (Yan Song, Yan Shifan, dan Ying WuQiu) berkolaborasi disini membuat yizhimei jatuh dalam situasi yang paling tidak diharapkan. Mereka dihancurkan sampai pada titik seolah tidak harapan. Bukan sekedar perang fisik, ini adalah perang taktik, tanding intelegensia antar jenius.
Episode yang sangat menegangkan dan pantas dijadikan penutup serial ini.

8 sub petualangan dalam 30 episode cukup jadi penjelasan kenapa pengembangan alur terasa agak cepat (kalau tidak mau dikatakan dipaksakan) pada beberapa bagian. tapi umumnya, ini tidak terlalu mengganggu dan masih dapat diterima.

credit : http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php?topic=84699.40

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...