Sabtu, 02 Juni 2012

Kisah Si Rase Terbang



 Karya: Chin Yung
Disadur: Boe Beng Tjoe/OKT



Membaca HoeiHo GwaToan sebelum membaca Swat San Hoei Ho memberi kesan yang berbeda. 


Apa sebetulnya yang menarik dengan HoeiHo GwaToan? Tentu saja karena cerita ini adalah prequel dari SwatSan HoeiHo. Bisa jadi si pengarangnya mungkin bahkan tidak memikir untuk pernah menulis prequel nya pada waktu menulis Swat San Hoei Ho. Karena itu apa yang sudah ditulis di SwatSan HoeiHo mengikat pengarangnya, dalam banyak hal membatasi si pengarang untuk bercerita di prequelnya.

Oleh sebab itu SwatSan HoeiHo membatasi cerita HoeiHo GwaToan. Lantas bagaimana agar membuat HoeiHo GwaToan tetap menarik?

Diluar dugaan walaupun ada sejumlah batasan2 itu, tetapi ChinYung bisa menyelesaikan persoalan ini dengan baik.

Karakter utama HoeiHo GwaToan adalah Ouw Hoei, satu karakter yang sudah dimunculkan di cerita Swat San Hoei Ho. Didalam Swat San Hoei Ho karakter utama Ouw Hoei memang justru bahkan bisa disebut se akan2 berada di latar belakang. Dibutuhkan sekian lembar halaman sebelum kemudian OuwHoei dimunculkan. Tetapi inilah `kekhasan' gaya ChinYung di awal2 kepengarangannya.

Baik Tan Kee Lok, Ouw Hoei, Wan Sien Cie, Kwee Tjeng, Yo Ko juga tidak dimunculkan di lembar pertama, butuh sekian halaman sampai kemudian pembaca sadar oh inilah tokoh utama cerita. Tentu saja itu masuk dalam gaya bercerita.

ChinYung di HoeiHo GwaToan memperkenalkan karakter baru yang memang tidak ada di cerita SwatSan HoeiHo, disamping tentunya sejumlah terbatas karakter yang memang ada di cerita SwatSan HoeiHo, yang menjadi benang merah kedua cerita itu.

Walaupun terbit belakangan tetapi HoeiHo GwaToan adalah cerita tentang masa muda Ouw Hoei, cerita tentang bagaimana dia menjadi seperti Ouw Hoei yang muncul di SwatSan HoeiHo. Di dalam cerita ini dia terlibat asmara dengan dua gadis Wan CieIe dan Thia Leng So.

Walaupun kedua karakter gadis ini menarik, tetapi karakter Wan CieIe lebih biasa lebih mudah untuk dilupakan. Pada saat mengarang HoeiHo Gwa Toan Chin Yung telah menciptakan beberapa karakter perempuan, baik dalam kapasitas sebagai karakter utama maupun sebagai karakter pembantu.

Karakter yang lebih berkesan adalah Thia Leng So, si nona ahli racun yang pintar. Kepintaran Thia Leng So sama dengan Oey Yong. Ada 3 karakter utama nona pintar yang diciptakan oleh ChinYung, mereka adalah Thia Leng So, Oey Yong dan Tio Beng. Sedang Yim Ing Ing dan Ong Giok Yan, walaupun pintar juga tetapi sedikit berbeda, karena terasa lebih lemah, sedang Thia Leng So, Oey Yong dan Tio Beng tidak hanya pintar juga tidak lemah.

Tentu saja ada karakter2 lain yang juga pintar tetapi mereka bukan karakter utama tetapi lebih karakter pembantu.  HoeiHo GwaToan walaupun bercerita tentang OuwHoei, tetapi kehadiran Thia Leng So benar benar mencuri panggung utama cerita ini. Kehadirannya memberi warna yang indah ke dalam cerita ini. Thia LengS o benar2 satu karakter yang kontras dengan karakter perempuan utama di Swat San HoeiHo, Biauw Yok Lan yang se akan2 di ambil dari cerita film Hollywood. Seorang anak yang manja. Tetapi kenapa Biauw Yok Lan seperti ini justru bisa diselesaikan dengan baik di cerita Hoei Ho GwaToan.

Menjadi pengarang adalah menciptakan karakter. Melalui karakter ciptaannya, terutama jika susah dilupakan dan dikenang selalu oleh pembaca, si pengarang menjadi terkenal atau tidak. Thia Leng So satu karakter yang termasuk istimewa, kecintaan dan keberanian untuk berkorban yang ditunjukkan Thia Leng So membuat karakter ini jadi selalu dikenang.  (sumber : http://hkw-ceritasilat.blogspot.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...