Jumat, 01 Juni 2012

Pengantar Serial Pendekar 4 Alis

PENGANTAR

Serial Pendekar 4 Alis

Konon Khu Lung menciptakan tokoh Pendekar Empat Alis (1976) karena begitu terpesona oleh film James Bond. Maka tak heran bila ada banyak kesamaan antara kedua tokoh tersebut. Keduanya cerdik, jago minum dan jago berkelahi. Keduanya juga berwajah tampan, bertubuh gagah dan playboy kelas kakap.

Bedanya, James Bond adalah agen rahasia yang dipersenjatai alat-alat canggih sedangkan Pendekar Empat Alis meski tidak pernah terang-terangan menyebut dirinya detektif, sering dimintai bantuan untuk memecahkan kasus-kasus aneh. Pendekar Empat Alis tidak pernah membawa senjata karena senjatanya adalah jari-jarinya yang ajaib. Tidak ada yang mampu mengalahkan ilmu jepitan jarinya. Ginkang-nya pun kelas satu.

Namun bisa juga dibilang kalau Pendekar Empat Alis adalah penyempurnaan tokoh Pendekar Harum (1968) yang juga diciptakan Khu Lung. Kedua pendekar ini sama-sama suka mencampuri urusan orang lain, berhidung belang, senang berjudi, hobi minum arak dan makan enak, berpakaian rapi, jago ginkang dan sama-sama benci membunuh.

Hanya saja, Pendekar Empat Alis kadang terpaksa membunuh sedangkan Pendekar Harum tidak pernah mau membunuh sejahat apa pun musuhnya.Nama asli Pendekar Empat Alis adalah Liok Siau-hong. Ia mendapat julukan aneh seperti itu karena bentuk kumisnya seperti alis. Ia orang yang humoris, easy going dan tidak sombong sehingga mempunyai banyak teman. Temannya dari berbagai kalangan, dari maling hingga tetua perguruan silat ternama.
Beberapa teman yang muncul dalam petualangannya :
- Hoa Ban-lau: si buta berhati lembut yang memiliki indera penciuman dan pendengaran yang luar biasa tajam ini adalah karib sejati Siau-hong. Saking akrabnya, Siau-hong mengajarkan ilmu jepitan jarinya padanya.
- Ban-lau Cu Ting: meski bukan saudagar, kawan Siau-hong sejak kecil ini sering dipanggil Cu-Lopan karena tubuhnya gendut seperti juragan kaya. Ia sangat malas bergerak dan tidak ada seorang pun yang bisa memaksanya bergerak termasuk istrinya sendiri. Tapi kalau sudah bergerak, ia bisa mencipta alat-alat ajaib. Boleh dibilang kejeniusannya tak kalah dari Leonardo DaVinci. Hubungannya dengan Siau-hong sedang mendingin, keduanya saling mendiamkan, tapi mau saling menolong bila dimintai bantuan.
- Lopannio: istri Cu Ting. Tidak dijelaskan nama aslinya. Yang jelas perempuan cantik ini sangat kesal pada suaminya yang kurang memperhatikan dirinya. Maka ia berusaha membuat suaminya cemburu dengan menemani Liok Siau-hong minum arak berduaan dalam kamar sebuah penginapan.
-Ho Siu: kakek teman minum arak Siau-hong. Walau hidupnya sederhana, tapi ia adalah orang terkaya dalam dunia persilatan. Hobinya mengoleksi barang-barang antik dan menikmati hidup.
-Sun-loya: informan Siau-hong. Pengangguran yang kerjanya mabuk-mabukan dan main perempuan ini adalah satu-satunya orang yang dapat berhubungan dengan Tay-thong dan Tay-ti (dua orang aneh yang bersembunyi di dalam gua gelap dan mengetahui rahasia apa saja).
-Sukong Ti-sing: pencuri profesional yang senang bertaruh dengan Liok Siau-hong. Cara kerjanya seperti pembunuh bayaran hanya saja ia mencuri bukan membun uh. Bayarannya sangat mahal. Ginkang-nya tidak kalah dari Siau-hong.
-Sebun Jui-soat: jago pedang yang sombong sampai nyaris tak punya teman. Jurus pedangnya hanya digunakan untuk membunuh. Bagi yang sudah membaca serial Pendekar Harum, karakter Jui-soat pasti mengingatkan pembaca pada It-tiam-ang, jago pedang yang juga teman Pendekar Harum. Keduanya sama-sama dijuluki si pedang kilat yang senang membolongi tenggorokan musuh. Tapi Jui-soat lebih tampan dan flamboyan dari It-tiam-ang. Pakaiannya selalu berpakaian putih-putih dan ia selalu meniup sisa darah musuh di pedangnya. (sumber: http://99cersil.blogspot.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...