Rabu, 10 Oktober 2012

Damo The Undercover Lady Detective

Cast
Ha Ji Won : Chae Ok/ Jae Hee
Lee Seo Jin : Hwangbo Yoon
Kim Min Joon : Sung Baek/ Jae Mo

Screenwriter : Jung Hyung Soo
Drector : Lee Jae Kyu

Review Singkat :

Drama ini bersetting pada Dinasti Chosun. Keluarga Jang merupakan keluarga bangsawan yang terpelajar, karena kejujuran dan keteguhan hati dari sang kepala keluarga Jang Il-Soon, keluarga ini dianggap sebagai penghianat negara,, karena memperkenalkan ide-ide baru yang mempertanyakan sistem kasta dan dianggap mengancam kedaulatan kerajaan, Jang Il-Soon pun mengungsikan anaknya Jang Jae-Mo, dan putrinya yang berusia tujuh tahun, Jang Jae-Hui, untuk melarikan diri ke pegunungan sedangkan dia sendiri memutuskan untuk bunuh diri.dari pada mati disiksa di penjara.
Dengan dikejar pasukan kerajaan Jae-Mo berusaha melarikan diri dengan adiknya namun naas karena serangan dari para pengejar Jae Mo terpisah dengan dengan Jae-Hui yang terjatuh dari kuda, Jae-Mo hanya bisa menggapai pita baju adiknya saja.

Karena tertangkap oleh pasukan, Jae Hui yang masih berumur 7 tahun dijadikan pelayan di keluarga Hwangbo Yoon dan berganti nama menjadi Chae Ok. Hwangbo Yoon, karena ia sendiri merasa didiskriminasi karena dianggap hanya berdarah setengah bangsawan karena dia hanya putra selir seorang pejabat pemerintah, Yoon memperlakukan Jae-Hui atau sekarang Chae Ok seperti adiknyanamun Chae Ok tidak pernah melupakan hubungan formal mereka. 
Karena Yoon hanya berdarah setengah bangsawan membuatnya tidak mungkin bisa ikut mengambil ujian militer dan menjadi pejabat, karena itu ayahnya mengatur Yoon menjadi murid dari seorang biksu terkenal bernama Seung-Goon-Do-Chong-Seob. Saat Yoon dikirim ke kuil untuk belajar bela diri, Chae Ok pun turut untuk menjadi pelayannya.
 
Yoon melewati pelajaran sehari-hari bersama dengan Jae-Hui, dan bersama-sama mereka berdua tumbuh menjadi petarung tangguh, ayah Yoon meminta kepada Kepala Kepolisian Joh Seh-Ook untuk mengabaikan status anaknya dan hanya melihat kemampuannya akhirnya Yoon ditugaskan di Biro Polisi Kiri. Saat Yoon menjadi komandan pasukan kepolisian,
Yoon menjadikan Chae Ok menjadi damo, polisi bawahannya. Keduanya terjebak dalam hubungan yang cukup kompleks yang terhalang oleh status sosial yang berbeda. Ditambah dengan Yoon yang sudah ditunangkan dengan seorang putri bangsawan
Damo berarti polisi wanita kelas bawah yang tak berbeda dengan budak, bisa juga diartikan sebagai wanita penyaji teh. Walaupun tergolong sebagai wanita kelas rendah, akan tetapi Damo memiliki wewenang untuk menginvestigasi ruang privasi wanita dan menginterogasi wanita dari kelas atas yang mana hal tersebut tidak boleh dilakukan oleh polisi pria.
Cerita sebenarnya dimulai, saat Biro Polisi Kiri menyelidiki skema pemalsuan yang kemudian ditemukan untuk membiayai sebuah konspirasi besar.Saat Chae Ok ditugaskan untuk menyusup ke gerombolan pembuat uang palsu, Chae Ok jatuh cinta kepada Jang Sung Baek, sang pemimpin gerombolan. Chae Ok melihat Jang Sung Baek sebagai pemimpin yang karismatik, misterius, menolak diberlakukannya status sosial dalam masyarakat, serta sangat baik hati terhadap bawahan dan warganya.
Tapi ada sisi lain dari Sung Baek, dia adalah pria yang sangat dingin dan kejam, terutama kalau melihat ketidak-adilan. Saat Chae Ok berada di 'dunia'-nya Jang Sung Baek, Chae Ok merasakan dunia yang penuh kesetaraan / equality (tanpa status sosial), hal yang tidak pernah Chae Ok rasakan saat dia menjalani hidup bersama Hwangbo Yoon dan rekan kerjanya di biro kepolisian. Bahkan Sung Baek pun memberikan pita peninggalan adiknya kepada Chae Ok.
Walaupun tidak ada status sosial yang menjadi penghalang hubungan Chae ok dan Sung Baek, akan tetapi di mata Chae Ok, Jang Sung Baek adalah musuh yang seharusnya ditangkap. Selain menjadi pemimpin gerombolan pembuat uang palsu, dia juga merencanakan hal yang lebih besar, dan pembuatan uang palsu hanyalah salah satu cara untuk menjalankan rencana besarnya itu.
Chae-Ok dan Yoon akhirnya menyadari bahwa Sung-baek bukanlah pencuri biasa / bandit, tetapi pemimpin pelatihan militer gerilya untuk menggulingkan Raja. Disisi lain Sung-baek memutuskan untuk melupakan Chae-Ok karena ia tahu bahwa mencintainya akan merusak impian besarnya menghancurkan tatanan dunia lama dan mendirikan keadilan baru di dunia. Chae-Ok juga memutuskan untuk menangkap Sung-baek untuk menebus kesalahannya karena pengkhianatannya kepada Yoon. Yoon di sisi lain, melihat Chae-Ok menjauh darinya karena Sung-baek.  
Fakta lain pun mulai terungkap ternyata Jang Sung-baek adalah Jang Jae-Mo kakak dari Chae Ok yang dulu terpisah. Bagaimana semua itu akhir untuk Yoon, Chae-Ok dan Sung-baek yang terjerat bersama oleh cinta, kesetiaan dan pengkhianatan?

credit : in my word, spcnet, asianwiki

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...