Rabu, 10 Oktober 2012

Korean Drama: Damo (2003)


Episodenya yang lumayan singkat cuma 14 episode namun ceritanya cukup kompleks, serial Damo ini tidak hanya berfokus pada masalah cinta tapi juga diimbangi dengan intrik politik, konspirasi, kesetiaan dan pengkhianatan yang porsinya saling melengkapi. yang cukup bisa membuat penonton terpaku pada ceritanya dari awal sampai akhir. Ada pahlawan dan penjahat, orang-orang yang berdiri di sisi yang berbeda dari hukum, masing-masing dengan pandangan yang berbeda tentang bagaimana dunia yang seharusnya lebih baik. Selain itu, di setiap episode-nya, selalu ada fakta baru yang terungkap, yang awalnya tidak terpikirkan oleh penonton, alias ceritanya susah ditebak. Rasa penasaran penonton baru akan terjawab seluruhnya pada episode-episode terakhir (episode 13 dan 14).
Dan juga akting dan chemistry para pemainnya dapet banget dan terlihat natural, sehingga penonton dapat menikmati aliran ceritanya. Teknik pengambilan gambarnya sangat bagus namun efek figthing nya dirasa masih agak berlebihan tapi aq suka ketika pertarungan di hutan bambu, itu keren. Tapi satu hal yang paling aq g suka ending dari 3 tokoh utama ini berakhir dengan tragis sekali tak satu pun dari mereka berakhir dengan bahagia, penulis cerita nya terlalu kejam.


Ha Ji Won as Jang Chae Ok / Jang Jae Hui
Jang Jae Hui terpisah dari keluarganya ketika melarikan diri dari kejaran pasukan kerajaan, akhirnya dia dijadikan pelayan di rumah Hwangbo Yoon. Meskipun status menjadi rendah, Jae Hui yang telah berganti nama menjadi Chae-Ok mampu tumbuh menjadi wanita yang cerdas, berwawasan dan memiliki kemampuan seni bela diri yang bagus. 
Ketika tuan mudanya menjadi kepala polisi Chae Ok diangkat menjadi Damo atau polisi wanita, dia mengabdikan dirinya sepenuhnya sebagai Damo untuk mendukung perjuangan tuan muda nya itu. Salah satunya dia berani menyusup kedalam kawanan pemalsu uang dan pencuri dimana dia bertemu dengan Jang Sung Baek pemimpin dari kawanan pencuri tersebut. Namun perlahan Chae Ok malah jatuh hati dengan Sung Baek, tapi tragisnya ia harus berusaha untuk menangkap dan menghukum Sung Baek.
Akting Ha Ji Won seperti biasanya, sangat total dan baik, bagaimana dia menggambarkan kecemasan, kegundahan, dan kesedihannya, patut diacungi jempol. Chae-Ok adalah sebuah karakter yang mengesankan ketika ia sedang bertugas, memancarkan begitu banyak kepercayaan dan keberanian. Namun disisi lain Ha Ji Won mampu menunjukkan rasa tidak aman dari Chae-Ok karena status sosialnya.

Kim Min Joon as Jang Sung Baek 
Pemimpin dari kelompok pemberontak,, Jang Sung Baek terkenal dengan ilmu pedang nya yang sulit ditandingi. Diadopsi oleh penderita kusta, dia meninggalkan rumah pada usia 15 dan melatih dirinya untuk menggunakan pedang. Dia memimpin sebuah kelompok yang bertujuan memprotes sistem kelas sosial yang tidak adil. Terjebak antara memilih cintanya pada Chae Ok dan ambisinya.
Akting Kim Min Joon tak kalah baik, dia dianugerahi artis pendatang baru terbaik karena membintangi film ini. Penghargaan itu memang pantas ia dapatkan, saat berperan sebagai Sung Baek, kharismanya keluar banget. Kebenciannya pada sistem sosial yang tidak adil, kekejaman yang ia menunjukkan kepada musuh dan kelembutan yang ditampilkannya ketika dihadapan Chae-Ok mampu digambarkan dengan baik oleh Kim Min Joon.

Lee Seo Jin as Hwangbo Yoon 


Hwangbo Yoon, lahir dari seorang selir bangsawan membuatnya sering dipandang sebelah mata. Sifatnya keras dan rajin, sering merasa kesepian dan tidak mudah menunjukkan perasaannya. Dia sangat setia kepada pemerintah,, dia sangat mengasihi Chae Ohk dengan segenap hatinya tapi sering kali bingung dengan perasaannya. apakah dia mencintainya, atau hanya menganggapnya sebagai adik, semua itu dapat dia ekspresikan dengan baik. Hwangbo Yoon juga banyak melakukan pengorbanan demi Chae Ok.
Lee Seo Jin mampu berperan sebagai Hwangbo Yoon, ekspresi saat ia memeluk Chae-Ok ketika ia setuju untuk membiarkannya pergi menyamar, dan ketika ia mencoba untuk mengancam dokter kekaisaran untuk menyelamatkan Chae-OK semua begitu baik dan meyakinkan! Lee Seo Jin mampu membuat Hwangbo Yoon seperti memiliki 2 wajah seorang penegak hukum yang tegas tapi disisi lain begitu lemah dengan perasaannya pada Chae Ok.


Credit : in my word, spcnet

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...